Minggu, 02 September 2018

Sejarah singkat Bapak pandu dunia

                     Bapak pandu Dunia

Lord Baden-Powell adalah bapak pandu pramuka sedunia. Baden powell dikenal sebagai pendiri oraganisasi kepanduan sedunia yang dikenal dengan istilah scout. Lord Baden-Powell mempunyai nama lengkap Robert Stephenson Smith Baden Powell. Lord Baden Powell lahir di london pada tanggal 22 februari 1857.

Sejak kecil Baden Powell sangat cerdas, gembira, lucu, suka main musik, bersandiwara, berolahraga, mengarang, dan menggambar sehingga disukai teman temannya. Setelah menamatkan sekolah di charterhouse, ia melanjutkan pendidikanya di sekolah militer. Setelah ia lulus sekolah militer, Baden Powell dikirim ke india sebagai perwira muda, Baden Powell ditugaskan ke Afrika Selatan sebagai Letnan Jenderal Pasukan Berkuda.

Pada tahun 1907, setelah kembalinya dari Afrika Selatan, Baden Powell mengumpulkan 20 anak laki-laki dan mengajak mereka berkemah dan melakukan kegiatan rekreatif yang kreatif. Dari hasil kegiatan itu  Baden Powell menyimpulkan bahwa kegiatan seperti itu dapat ;

  1. Menumpuk rasa persaudaraan, setia kawan, suka menolong, menghargai orang lain, menciptakan rasa persatuan;
  2. Menambah pengalaman dan pengetahuan, keterampilan, dan ketangkasan;
  3. Menggugah rasa cinta pada alam sekitar.
Berdasarkan penglaman itu, Baden Powell kemudian menulis sebuah buku yang berjudul "Scouting for Boys" yang kemudian menjadi buku pedoman gerakan pramuka sedunia. Pada tanggal 6 agustus 1920. Jamnbore kepanduan sedunia pertama kali diadakan di london dan di ikuti 27 negara. Baden Powell kemudian diangakat sebagai bapak pandu sedunia (Chief of the World Scout). Pada tahun yang sama, 1920 dibentuklah Dewan Internasional Kepanduan yang mempunyai 9 anggota dan berkantor pusat di london. Kemudian Dewan Internasional Kepanduan itu berganti nama menjadi Biro Kepanduan Sedunia ( World Scout Bureau) dan saat ini mempunyai kator di jenewa, Swiss. Baden powell meninggal dunia pada tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.


6 komentar:

  1. Bagus sekali,,, utk anak anak sekolah utk mengetahui sejarah pramuka

    BalasHapus
  2. bagus buat ngerjain tugas prajib

    BalasHapus
  3. Bagus sih bagus tapi ngeselin suruh buat rangkuman yang kaya gini

    BalasHapus
  4. Panjang banget kan suruh di ringkas

    BalasHapus
  5. Bagus sekali,,, utk anak anak sekolah utk mengetahui sejarah pramukadan menambah wawasan umum.😇

    BalasHapus